SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


04.02.2015 13:59:47 610x dibaca.
BERITA
Aviation Educational Trip With Garuda

 

 

Dalam rangka ulang tahun perusahaan BUMN PT  Garuda Indonesia (GI) dan penghargaan menjadi maskapai the five star (bintang lima). Manajemen GI melalui program Corporate Social Rasponbilty (CSR) menyelenggarakan kegiatan Aviation Educational Trip,  pada hari Selasa (27/1/15).

Menjadi kebanggaan bagi SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta yang diwakili oleh FX Triyas Hadi Prihantoro (wakasek Humas) mendapat kesempatan beserta 20 pesertalainnya. Yang merupakan kegiatan dari cabang GI Surakarta.  Terdiri dari 5 SMA, 2 Institusi Pendidikan Tinggi, 2 wartawan media cetak (Koran), 5 dari biro tour, 5 agency Garuda  dan 1 orang dari dinas perdagangan.

Kegiatan pendidikan ini berkunjung ke beberapa fasilitas milik GIA di Jakarta. Penerbangan perdana lewat bandara Adisumarmo  Boyolai, Solo menuju Soekarno Hatta, Banten dan kembali lewat Bandara Adisucipto Yogyakarta. Program Edu Aviation Trip, cukup dilaksanakan satu hari namun penuh pengetahuan yang berhubungan dengan penerbangan.

Kunjungan pertama di area  PT Garuda Maintenance Facility (GMF)  Aero Asia,  Aero Wisata di Cengkareng dan  dilanjutkan ke  Garuda Indonesia Training Center (GITC) yang terletak  Duri Kosambi Jakarta Barat.

GMF merupakan pusat perawatan pesawat milik grup Garuda Indonesia. Menurut penjelasan Sisca L. Tobing (humas GMF) yang menjadi pemandu  bahwa area ini memiliki 4 hanggar yang dapat menampung puluhan pesawat baik berbadan lebar maupun kecil. “ Perawatan pesawat tidak hanya milik Garuda namun beberapa Maskapai domoestik dan asing juga ikut serta mengikuti perawatan berkala,” ucapnya.

Disini peserta dijelaskan tentang emergency  dan beberapa peralatan yang di produk di GMF saat terjadi kecelakaan dan diajak keliling hanggar yang  sangat luas. Berbagai tipe pesawat dari Boeing 777 800 ER dan  Airbus kelihatan berjajar rapi.   Semua peserta mendapati kesempatan "membongkar" dapur GI. Mulai dari mengunjungi bengkel, ke tempat pengolahan makanan hingga sekolah bagi para awak kabin di GITC.

Menurut penjelasan senior manager GITC, Dudung Abdurahman, bahwa seluruh kru GI baik itu awak kabin, karyawan bandara, mekanik, bahkan penyedia tiket pesawat yang berhubungan langsung dengan GI dilatih disini. “ setiap hari hampir ada pelatihan para pramugari dalam simulasi pendaratan darurat di darat dan di laut dengan alat pengamanan yang tersedia di pesawat, termasuk latihan simulasi menerbangkan pesawat di ruang simulator” ucapnya.

Waktu sehari bersama program Aviation Educational Trip terasa kurang. Menjadikan penasaran bagi peserta, khususnya para Kepala Sekolah yang hendak memberikan solusi atau pengarahan bahwa ada pekerjaan lain yang menjanjikan di GI.

(hans)








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/