SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


21.01.2015 14:42:51 1461x dibaca.
BERITA
Diksar Yopala ke 19

 

Untuk menjadi anggota pecinta alam sejati  di SMA Pangudi Luhur Santo Surakarta harus melalui tahapan ikut pendidikan dasar (diksar).  Bentuk kewajiban yang harus dilaksanakan sebelum resmi menjadi anggota Yosef Pecinta Alam (Yopala).

Diksar 2014 dilaksanakan hari Sabtu –selasa (20-23 Desember 2014) di Tlogo Dlingo, Magetan Jawa Timur. Di lereng gunung Lawu ini 11 orang calon Yopala di didik dan dilatih kepecinta alaman. Cuaca yang dingin dan alam yang menantang tidak mengurangi semangat dari peserta.

Menurut pendamping Yopala, Wisnu Wahyudi S.Pd, materi yang diberikan antara lain IMPK (  membaca kompas), survival, rock climbing (panjat tebing),game.   bivak ,long march, materi organisasi, motivasi dan doktrin Yopala.  Semua peserta wajib untuk memahami dan bisa. “ diakhiri dengan pengucapan sumpah dan ikrar janji Yopala sebagai bentuk kekuatan batin,” ucap guru matematika ini.

Sedangkan ketua Panitia, Ganda willy  mengatakan bahwa tujuan diksar mendidik dan melatih peserta mengenal dan melaksanakan teori kepecinta alaman. Membina fisik, mengenal dan menjadi anggota Yopala yang disiplin. “ dalam kesempatan ini juga dilantik kepengurusan baru,” ujar siswa kelas XI IA 1 ini.

Kesebelas peserta  yang mengikuti diksar ke 19 adalah Yosaphat Engggar, Benedikta Ariel, Sherly Volika, Yoga, Paula Rona, Titi Sari, Dewi Larasati, Rivaldo Satria, Dimas Aryo, Efesa. Kesan yang dialami oleh Enggar merasa senang dan tertantang ikut pelatihan ini. “ Prinsipnya menjadi anggota pecinta alam sudah menjadi bagian hidupnya, “ ujar siswa yang berasal dari SMP PL 1 Klaten.

(FL.JN)

 








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/