SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Rabu, 18 Juli 2018  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


13.05.2018 18:18:03 102x dibaca.
BERITA
Kemah Rohani dan tutup tahun

Gerakan Pramuka (Gudep) 01.1103 - 01.1102 yang  berpangkalan di SMA Pangudi Luhur Santo Yosef  Surakarta.  Mengadakan kemah rohani dan tutup tahun  ajaran 2017/2018  di Kolat Rindam IV/Diponegoro, Bantir Sumowono Kabupaten Semarang (9-11 mei 2018). Dengan total peserta sebanyak 565 terdiri dari penegak, dewan ambalan dan pembina melaksanakan kemah Rohani. Kemah tutup tahun ini bertujuan melatih, membimbing dan kemandirian  peserta didik kelas X dan XI.

Semua peserta di angkut sebanyak 20 (dua puluh) armada truk milik TNI AU, Kopasus, bek kang Kodam IV Diponegoro dan  DPU yang berkumpul di area parkir stadion Manahan Surakarta seperti dikatakan ketua panitia Dwi Padma Indawati. Dan kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi peserta didik kelas X dan XI.  “ total dari peserta dibagi dalam 62 sangga dan dibagi menjadi 4 barak untuk tidur/istirahat. Dengan pembekalan kepemimpinan pramuka penegak dan teknik PPPK,” ucap guru bahasa Indonesia.

Namun demikian nuansa rohani yang menjadi event kegiatan ini adalah saat kegiatan long marsch  yang dilakukan mulai jam 00.00 sampai 14.00 WIB. Semua peserta harus  mampir di lima pos sejalan dengan peristiwa  terang dalam doa Rosario. Perjalanan antar pospun  di daraskan doa  Bapa Kami dan sepuluh salam maria.  Tak kerkecuali  di pos  4 (empat) pun berlokasi di area pekuburan, yang melahirkan banyak cerita.

Pemantapan kemah rohani dengan adanya misa kudus bersamaan dengan peringatan kenaikan Yesus ke surga , Kamis (10/5/18). Diadakan di aula kolat rindam yang dipimpin oleh Romo Mateus Wahyudi MSF.  Dalam homili dikatakan bahwa menurut Injil makna kenaikan Yesus ke surga  menunjukkan kehidupan di dunia tidak lah kekal (selama-lamanya). “ ada dua jalan yang ditekankan intuk mencapai surge bagi kita manusia di dunia. Yaitu percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dan semangat kasih.” Ucap direktur postulant MSF Birthinianum Salatiga ini.

Kegiatan yang ditunggu usai misa kudus dengan wide game yang dibagi dua kelompok besar kelas X dan XI.  Dibagi dalam 5 pos dengan lima permainan meliputi tongkat helium. Pipi gemes, estafet karet, hujan salju dan aku bilang apa.  Untuk kelas sepuluh menyusuri sisi barat dan kelas sebelas di sisi timur dari Kolat Rindam.

Kakak Andreas Heri mengatakan bahwa pipi gemers merupakan kegiatan dengan menggunatan botol yang di isi air dan dipindahkan ke baskom dengan perantaraan pipi peserta. Hujan salju merupakan estafet tepung dari depan kebelakang. “ sedang estafet  karet dengan kegiatan mengambil karet dan diestafetkan dengan menggunakan sedotan,” ucap pembina penegak  pria ini.

Acara yang tidak kalah menarik adalah acara api unggun dimana tiap kelas menampilkan atraksi sesuai talenta kelas.  Dan diakhiri dengan renungan bersama wali kelas, sebelum istrahat dan esoknya pulang ke pangkalan setelah upacara penutupan dan pelantikan Dewan Ambalan.

 

hans








^:^ : IP 54.81.254.212 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2018  http://styosef.pangudiluhur.org/