SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Sabtu, 29 Pebruari 2020  - 4 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


29.10.2013 09:50:55 2597x dibaca.
BERITA
Lomba debat 4 pilar kebangsaan

 

Dalam rangka memeriahkan EDU EXPO yang digelar selama 2 hari sejak tanggal 18 Oktober 2013, SMA Santo Yosef mengadakan 3 lomba salah satunya Debat 4 Pilar Kebangsaan. Diikuti oleh 8 sekolah yaitu SMA N 7, SMA N 5, SMA N 4, SMA Santo Paulus Surakarta, SMA Pangudi Luhur Giriwoyo, SMA Pangudi Luhur Van Lith Muntilan , SMA Regina Pacis dan SMK Muhammadiyah Surakarta.

Lomba debat dilaksanakan di ruang audio atas SMA Santo Yosef, jumat (18/10). Acara ini dibagi menjadi 2 sesi dan babak final dimana 2 sesi ini diikuti oleh 4 sekolah yang masing-masing mendapat undian menduduki lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif dan masyarakat.

Lomba debat ini menghadirkan 3 juri yaitu Mayor Haristanto, Didik K (Joglosemar) dan Edi Susanto (Joglosemar). Setiap sekolah menunjukan aksinya sesuai dengan lembaga dan tema yang mereka terima dan setiap mengutarakan pendapat dari sudut pandang yang berbeda diberi waktu 3 menit.

Dalam kesempatan ini Kepala Sekolah, Br. Yohanes Sudaryono, M.Pd. FIC  mengatakan bahwa lomba ini digelar atas dasar keprihatinan terhadap situasi Indonesia dengan banyaknya korupsi, kenakalan remaja dan permasalahan lain. Semunya karena lemahnya akan konsep 4 pilar kebangsaan. “kami mencaoba mengumpulkan remaja melalui debat. Bagaimana pendapat dan penghayatan mereka terhadap empat pilar kebangsaan,” imbuhnya.

Yang berhasil masuk babak final adalah SMK Muhammadiyah 4 SKA, SMA  Pangudi Luhur Van Lith Muntilan, SMA Pangudi Luhur Giriwoyo dan SMA N 7 Surakarta. Dimana sistem babak final ini dengan rebutan memberikan tanggapan siapa cepat dia dapat.

Acara semakin meriah dengan kedatangan Aryo Bimo selaku anggota DPR yang merupakan alumni SMA Santo Yosef dengan memberikan motivasi kepada para siswa yang berhubungan dengan pilar kebangsaan. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan Edu ekspo yang diselenggarakan SMA Santo Yosef dengan mengadakan lomba debat seperti ini. Harapannya kegiatan serupa dapat ditularkan ke sekolah lain ” ucap Ketua Komisi VII DPR ini.

Dalam babak final selesai dan yang berhasil mendapat juara 1 adalah SMA N 7 yang berkedudukan sebagai masyarakat disusul juara kedua SMA Van Lith yang berkedudukan lembaga legislatif dan juara 3 diraih oleh SMK Muhammadiyah 4 Surakarta yang berkedudukan lembaga eksekutif. Dalam kesempatan ini, pembimbing SMA N 7, Siswanto S.Pd. mengatakan bahwa dalam mempersiapkan lomba, pihak sekolah memberikan waktu khusus kepada tim untuk latihan memperlajari materi. “Sedangkan pembinaan langsung diberikan kepada guru Pendidikan Kewargaan Negara (PKN),” ujar wakil MGMP SMA PKn kota Surakarta ini.

Dalam kesempatan ini semua peserta mendapat bingkisan buku-buku tentang empat pilar kebangsaan dan patung tokoh Bung Karno, yang diserahkan langsung oleh Aria Bima. Sedangkan para juara mendapat hadiah tambahan piagam, tropi, uang pembinaan dan buku-buku yang merupakan karya  Kombes Dr.  Chrysnanda Dwi Laksana (Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya).

Anggita








^:^ : IP 3.233.221.149 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/