SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 17 Oktober 2017  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


07.10.2017 08:19:05 22x dibaca.
BERITA
Lomba debat sejateng DIY

 

Dalam rangka kegiatan ekspo Perguruan Tinggi se Indonesia yang di selenggarakan di SMA PL Santo Yosef Surakarta, Jumat – Sabtu (6/7 Oktober 2017). Salah satu kegiatan yang adalah lomba debat SMA/SMK Se Jateng dan DIY (6/10/17).

Kegiatan debat yang sudah dilaksanakan ke 7 ini mengambil tema “ Peran NKRI dalam Ke bhinnekaan Indonesia.” Sebanyak 11 tim SMA dan SMK mengikuti lomba debat ini dan terbagi dalam 3 kelompok penyisihan. Tiap babak penyisihan diberikan tema yang berbeda sehingga peserta debat diharapkan mampu mengaktualisasikan kemampuannya.

Seperti dikatakan koordinator lomba, Maria Nani  Kusumawardani, S.Pd., bahwa tema babak pertama  SARA dalam kebhinnekaan Indonesia, kedua Hoax dalam Bhinneka Tunggal Ika dan ketiga toleransi dalam bhinneka tunggal ika. Masing masing tim diberi waktu 3 (tiga) menit untuk memaparkan argumentasinya dan diberi waktu tanya jawab yang dipandu oleh pengatur lomba.  “ hampir semua peserta mempersiapkan materi dengan baik, dibuktikan dalam presentasi dan mempertahankan pendapatnya, ucap guru bahasa Indonesia ini.

Sebagai yuri dalam lomba debat ini adalah Heri Priyatmoko SS., MA.(kolumnis dan dosen universitas Sanata Dharma Yogyakarta), Niken Satyawati S.Sos ( ketua masyarakat anti hoaks Surakarta) dan Tri Wijayanti, S. Farm., MPH., Apt. (dosen Universitas Setia Budi Surakarta). Dan berdasarkan keputusan yuri tiga finalis yang berhasil dalam babak penyisihan adalah tim SMA PL Giriwoyo Wonogiri A dan B serta tim SMAN 5 Surakarta.

Setelah bertarung dalam final, tim dari SMAN 5 berhasil menjadi juara dengan selisih poin nilai tipis, hanya satu angka dengan juara 2 (dua). Tim SMA N 5 terdiri dari Reynaldi Adam Zam Roni, AK Seha Purnomo dan Annga Exca Pradipta Syaifudin merasa bersyukur atas perjuangan dan kerja kerasnya. Para pemenang mendapatkan uang pembinaan, tropi, piagam dan patung Proklamator (Bung Karno) yang diserahkan oleh Kepala Sekolah, Agustinus Heruwanto S.Pd.

Kustijowarno S.Pd., selaku Pembina dari SMA N 5 Surakarta merasa bangga atas prestasi anak didiknya. “ Tim SMAN 5 selalu berperan serta dalam lomba ini, dan tahun 2017 berhasil menjadi yang terbaik. Persiapan yang baik memang menghasilkan buah yang baik,” tandas guru PPKn ini.

 

Hans








^:^ : IP 54.224.155.169 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/