SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 23 Oktober 2018  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


24.04.2018 18:34:47 86x dibaca.
BERITA
"lombok Jemprit," tampil di Balai Soedjatmoko

Menjadi keunikan tersendiri saat siswa jaman “now,” menyukai music keroncong. Hal itu bukanlah yang aneh bagi siswa-siswi SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta. Karena sejak didirikan tahun 2006 orkes keroncong (OK) siswa “Lombok jemprit,” tetap eksis berkiprah sampai saat ini. Sebagai bukti, jumat (20/4/18), OK ini tampil dalam acara “keroncong Bale, ” di komplek Toko Buku Gramedia Surakarta.

Kegiatan bulanan tiap minggu ke 3 (tiga) dari agenda Bentara Budaya Balai Soedjatmoko yang tergabung dalam Kelompok Kompas Gramedia (KKG). Pada bulan april 2018, OK Lombok Jemprit diminta mengisi acara. Seperti dikatakan koordinator acara, Jefri bahwa sebuah pengakuan kelompok OK siswa yang diberi kesempatan tampil. “ biasanya yang berani tampil adalah grup OK yang sudah mapan, dan pemainya rata rata sudah sepuh (tua), ” ucapnya.

Dengan menyiapkan 10 (sepuluh) lagu OK Lombok jemprit menyuguhkan tampilannya di beranda Balai Soedjatmoko Surakarta, yang  dihadiri ratusan pecinta keroncong se Solo Raya. Sebuah perhatian yang tinggi saat direktur Bentara Budaya, Frans Sartono juga hadir menikmati sajian OK Lombok Jemprit sebagai dukungan nyata.

Bermodal 7 (tujuh) pemain music dan 3 (tiga) penyanyi lagu nasional maupun barat yang sudah di aransemen dalam keroncong modern jaman now ditampilkan. Para pemain Musik gitar - Rico, Cak - Ruben, Cuk -  Awang, Bas -Fredy, Celo - Marsel, Saxsophone - Dio, Biola - Intan. Sedangkan  para penyanyi Febiola Pasca Gita, Angelia dora dan Angela Nirmala dengan pemba acara duet mas Bagong dan mas Doel. Lagu yang dinyanyikan selain Bengawan Solo, ada kota Solo, Kala mencinta menggoda, dia, love, gambang semarang  dan Living on jetplane.

 Pembina OK Lombok Jemprit, KRH Dony Dwijo Wiro Nagoro mengatakan bahwa secara rutin kelompok ini tampil di berbagai perhelatan penting Pemerintah Kota Solo. Namun demikian sebuah apresiasi sekolah kepada anak jaman sekarang ketika masih mencintai dan mau belajar, berlatih, memaikan musi keroncong. “ pemberian kesempatan pentas di acara keroncong bale KKG menjadi bentuk pengakuan  kepada generasi muda bahwa orkes keroncong dapat tetap lestari,” tandas guru bahasa jawa ini.

 

Hans








^:^ : IP 54.224.56.126 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2018  http://styosef.pangudiluhur.org/