SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Senin, 17 Desember 2018  - 10 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


15.02.2018 15:04:01 237x dibaca.
BERITA
Misa Rabu Abu 2018

 

 

Misa awal masa prapaskah (masa pantang dan puasa) Rabu Abu (14/2/18) bagi warga SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta di laksanakan di aula sekolah. Lebih dari 800 siswa, guru, karyawan dan orang tua mengikuti misa, yang dipimpin oleh Romo Andrianus Sulistyono MSF.

Sebelum misa dimulai, Romo Andrianus mengatakan bahwa puasa itu di lakukan oleh umat beragama lainnya, bukan hanya ada di agama katolik. Selanjutnya ditanyakan kepada jemaat misa arti puasa. Beraneka ragam jawaban disampaikan mulai mati raga, tidak makan dan minum sampai menahan nafsu. Dan hakekat puasa bisa dimaknai secara negatif tidak mendengarkan bisikan setan. “ positifnya kita bisa mengendalikan raga,” ucapnya.

Sedang dalam homilinya dikatakan bahwa, puasa itu bukan menjadi tujuan tetapi jalan menuju Tuhan. Maka puasa merupakan sarana bukan tujuan dengan belajar mengendalikan diri. Maka puasa mau tidak mau harus dilatih dan pantang berarti mengurangi yang biasa dilakukan. “ sebagai tanda awal puasa bagi orang katolik dengan meletakkan abu di dahi, tanda itu sebagai pengingat kita kembali ke asal,” kata romo paroki Santo Petrus Purwosari ini.

Misa rabu abu bagi Natilda Zaoredha sangat berarti sekali, bahwa tanda abu di dahi merupakan gerakan untuk mulai berpantang dan berpuasa. Misa awal prapaskah selalu diikuti di sekolah karena sebagai komitmen. “ maka saya selalu mantap di sekolah katolik, semakin meningkatkan keimanan sekaligus menguatkan karena salah satunya selalu ada misa,” tandas siswa kelas 12 IPS 2 ini.

Sebelum perutusan Romo Andrianus berharap mulai rabu abu semuanya dapat berpantang dan berpuasa.  Dengan abu mengingatkan kita kembali ke asal, dan apa yang baik dilaksanakan saat prapaskah  dan terus dilanjutkan. “ selamat berpantang untuk mengolah hati, budi dan tubuh,” tandasnya.

 

JN

 








^:^ : IP 54.226.36.60 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2018  http://styosef.pangudiluhur.org/