SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


18.02.2015 14:27:33 643x dibaca.
BERITA
Misa Rabu Abu

 

Mengawali masa prapaskah, bagi umat Katolik ditandai dengan Misa Rabu Abu dengan penandaan abu di kening. Sebagai bentuk matiraga, pantang dan puasa bagi umat Katolik.  Sebagai penanda untuk berpantang dan berpuasa bagi Umat Katolik. Hal itu dikatakan oleh Romo Vincentius Yudo Widianto Pr, saat  homili misa Rabu Abu di  SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta (18/2).

Misa yang  diikuti sebanyak 650 siswa  serta   guru dan karyawan  dilaksanakan di aula sekolah. Dikatakan lebih lanjut bahwa masa prapaskah diharapkan dapat membuat niat perubahan dalam hidup yang harus diperbaiki. “ bagi remaja yang sudah berusia 14 tahun wajib pantang dan yang sudah berusia 18 tahun wajib puasa,” ujar Romo Paroki Santa Maria Kartasura ini.

 Lebih jauh dikatakan tujuan pantang dan puasa untuk memperbaiki sesuatu sikap, perilaku/ perbuatan menjadi lebih baik. Intinya ada perubahan dalam diri sendiri. “ sebagai contoh bagi siswa mengurangi/menghilangkan kesukaan mencontek, membolos, tidur di kelas, terlambat masuk dan membully teman.”

Tidak lupa Romo Yudo mengisahkan saat menjalankan pantang dan puasa masa SMA. Karena sekolah negeri, tidak ada yang namanya Misa Rabu Abu. Banyak temannya menanyakan kenapa tidak jajan saat istirahat? “aku pantang,” namun sulit menjelaskan kepada temanya kenapa pantang dan puasa. “intinya berpantang merupakan usaha untuk menghilangkan kebiasaan buruk masa sekarang, yang akan terbawa sampai dewasa,” ujar Romo yang berasal dari Bantul Yogyakarta ini.

Sedang kesan salah satu siswa muslim, Berlin Ghalang Setiawan bahwa Rabu abu mengingatkan saat wajib melaksanakan padusan sebelum berpuasa di bulan Ramadhan. Bahwa harus bersih sebelum melaksanakan ibadah puasa. “namun kesan selama hampir 3 tahun sekolah di SMA Katolik, banyak temannya yang tidak kelihatan sikap dan perbuatannya  saat pantang dan puasa. Padahal itu penting bagi setiap umat beragama yang meyakini religiusitasnya,” ujar siswa kelas XII IA 1 yang aktif sholat Jumat di Mesjid dekat sekolah.

 

Joes News








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/