SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 22 Agustus 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


24.07.2017 14:31:14 48x dibaca.
BERITA
MPLS 2017

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2017/2018 di SMA PL Santo Yosef dilaksanakan mulai senin sampai kamis (17-20 juli 2017). Tahun ajaran ini, sebanyak 213 siswa baru mengikut kegiatan wajib sebagai pro orientasi di sekolah yangbaru.
Seperti dikatakan oleh Fransiscus Tri Haryatmo, MPLS merupakan kegiatan edukasi yang menghindari segala bentuk kekerasan (perploncoan). Menjadi tanggung jawab guru semua kegiatan yang dilaksanakan, maka OSIS (pelajar) bertugas membantu kegiatan agar berjalan dengan baik dan tertib. “ sebagai tema dari MPLS 2017 adalah sekolah taman belajarku dan tiap pertemuan mempunyai tujuan yang berbeda,” tandas guru bahasa Indonesia yang menjadi Ketua Panitia.
Di hari pertama, sesuai tujuan MPLS untuk menyatukan siswa, mengolah kepribadian dan membangun motivasi (siswa merasa nyaman dan diterima) diisi berbagai materi mengenai pengenalan sekolah, kebijakan umum sekolah, pengenalan kurikulum, pengenalan Sarpras dan Pengenalan kesiswaan. Dalam pengenalan sekolah dilakukan oleh FX Triyas Hadi Prihantoro, sebagai waka Humas. “ Lingkungan sekolah seluas 3,7 hektar ini merupakan sarana pembelajaran yang multikomplit. Maka dari itu optimalkan peran dan tanggung jawab sebagai  pelajar demi masa depan yang lebih baik,” ucapnya.
Hari kedua yang bertujuan membentuk kesadaran siswa agar menjadi pribadi yang berkarakter unggul. Diisi materi penumbuhan karakter cinta lingkungan (Adywiyata), Penumbuhan karakter sopan santun (Tata Krama), etika pergaulan dan nilai-nilai Santo Yosef. Sedang hari ketiga dikenalkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang ada sehingga diharapkan siswa baru mampu memilih salah satu diantaranya sebagai kegiatan wajib. Pada kesempatan ini siswa di deberi materi  wawasan kebangsaan yang difasilitasi oleh Kopasus (komando pasukan khusus).
Hari terakhir MPLS, siswa baru di ajak baris berbaris yang dipimpin tim dari Kopasus yang sebelumnya melakukan senam bersama. Baris berbaris merupakan bagian pembentukan karakter dan kedisiplinan. Siswa baru merasa mantap dan semangat sekolah di kampus hijau setelah MPLS.
Dhian Ayu - JN







^:^ : IP 54.166.199.43 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/