SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Sabtu, 29 Pebruari 2020  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


25.07.2013 13:05:22 749x dibaca.
BERITA
PAPL di Kalimantan

Apa sih PAPL itu? PAPL adalah Pecinta Alam Pangudi Luhur. Acara ini diadakan 2 tahun sekali, dan tahun ini diadakan di Kalimantan Barat tepatnya Ketapang. Di dalam acara ini kami melakukan segala kegiatan yang berhubungan dengan alam, dan tema PAPL tahun ini adalah “konservasi lingkungan hidup”.

Kami rombongan St. Yosef solo berkumpul di Semarang dan bertemu dengan berbagai organisasi pecinta alam yang lain, kami menginap di Semarang dan keesokan paginya kami berangkat menuju Kalimantan dengan kapal Laut.

Kira-kira tiga hari dua malam kami di atas kapal dan pada hari sabtu jam 5 sore kami sampai di Ketapang. Kami di bawa menaiki truk untuk sampai di sekolah St.Yohanes untuk berkumpul dan menginap disana.

Singkat cerita acara dimulai pada tanggal 24 juni 2013, dengan acara pertama pembagian kaos kegiatan dan upacara pembukaan dengan sajian tarian dayak. Dua hari kami habiskan untuk mengenal satu sama lain dan pada hari ketiga tepatnya rabu 26 juni 2013  kami memulai field trip.

Pertama kami menumpangi bus kecil untuk sampai di camp bentangor, setelah kami sampai disana, kami memulai field trip dengan di bagi 3 kelompok dan kami kelompok 1. Kami berjalan menyusur pantai dan bukit untuk sampai di pantai pasir mayang untuk camp dan melakukan kegiatan disana, pada hari kamis kami moving camp lagi dengan berjalan menuju camp semula(camp bentangor) dan mendirikan tenda disana. Kami mengikuti beberapa kegiatan diantaranya adalah kegiatan seminar orang utan. Dan  memang kami lebih tertuju dengan orang utan karena kami diajak untuk peduli dengan mereka, buktinya kaos kami pun bertuliskan “biarkan aku hidup di alam bebas” dan bergambar orang utan.

Selesai seminar kami istirahat dan keesokan harinya kami field trip (lagi) menuju pantai pulau datok. Kali ini kami semua berkumpul dan melakukan perjalanan susur pantai dan pendakian gunung palung.

Singkat cerita kami sampai di pantai pulau datok dan keesokan harinya kami harus pulang kembali ke St. Yohanes. Malamnya kami menutup acara dengan evaluasi dan pesta minum tuak khas kalimantan barat, paginya hari minggu kami upacara penutupan dan kegiatan resmi selesai.

Kesan dari kegiatan PAPL ini adalah  walaupun acara PAPL pun resmi berakhir tetapi persaudaraan yang terjalin antara OPA-OPA yang lain tak mungkin berakhir. Terimakasih PAPL, terimakasih kalian keluarga baru kami yang sama-sama mempunyai tujuan sama yaitu selalu menjaga dan melestarikan alam, terimakasih alam yang telah menyatukan kami disini untuk selalu ingat dan menjaga kelestariannya dan berbagi banyak pengalaman disini untuk di ceritakan pada anak cucu kelak.

Ini adalah cara kami para pecinta alam mensyukuri indahnya hidup dengan terus melangkahkan kaki, menambah pengalaman dan menyatu dengannya (Alam). Mungkin Alam adalah guru terbaik yang akan kita temui dan seperti kata Soe Hok Gie “Dunia itu seluas langkah kaki, jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah, hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya”. (by Arum Yopala)

 

 

 








^:^ : IP 3.233.221.149 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/