SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Minggu, 23 September 2018  - 5 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


06.05.2018 21:42:45 88x dibaca.
BERITA
Pembinaan Kepala Kantor YPL

 

Institusi yang ideal ketika komunikasi dua arah berjalan dengan baik. Begitu halnya SMA Pangudi Luhur Santo Yosef yang bernaung di bawah Yayasan Pangudi Luhur (YPL) yang berpusat di Semarang. Sabtu (5/5/18) sekuruh pegawai baik pendidik maupun tenaga kependidikan mendapatkan pembinaan dari Kepala Kantor  YPL.

Acara dimulai pukul 11.30 WIB dan hampir selama dua setengah jam, Br. DR. G. Bambang Nugroho FIC., memberikan pembinaan. Kedatangan melakukan pembinaan dalam rangka persiapan raker  2018, maka Kepala Kantor butuh datang ke unit kerja. Tidak hanya sekedar komunikasi namun sekaligus motivasi. Dan di awal pertemuan, sebanyak 56 peserta disodori sebuah pertanyaan, “ Sekolah mau hidup?”

Lebih lanjut dijabarkan hakekat bila sekolah mau hidup, dan dari sebuah penelitian dibutuhkan empat hal. Mulai kepuasan pelanggan, Etos Kerja sampai ketrampilan tenaga pendidikan dan kependidikan.  Dan dari evaluasi yang dilakukan YPL bahwa etos kerja pendidik rata rata sedang, tenaga pelaksana kurang dan tenaga Tata Usaha lebih baik dari guru. “ dari semuanya, nilai yang paling tinggi adalah bekerja yang sesuai prosedur,”  ucapnya.

Maka saat persaingan dan competitor semakin banyak dibutuhkan kinerja yang baik.  Karena prinsipnya sebuah sekolah bisa beraktifitas apabila ada peserta didiknya, dan bila sekolah mulai kekurangan peserta didik  menjadi bahan refleksi bagaimana kinerja gurunya. “ prinsipnya peserta didik bisa banyak dan memenuhi kuota karena mendapat pelayanan yang baik,” tandas Br. Bambang.

Banyak hal disampaikan termasuk paparan atau ciri - ciri dari tanda sekolah itu hidup, tuntutan hidup masa depan sampai kebutuhan guru dalam tabungan emosional. Di ujung pertemuan, Br. Titus Totok FIC diberi kesempatan memberikan motivasi dan semangat bagaimana sekolah mau maju dan berkembang. Termasuk memberikan berbagai catatatan yang rinci bila mendapatkan peserta didik yang gagal. Karena di tahun 2017/2018 ini SMK yang dipimpinya berani menyatakan tidak lulus pada peserta didik.

Diakhir pembinaan, Kepala Kantor meminta guru dan karyawan SMA PL Santo Yosef untuk hidup di atas garis. Sehingga kehidupannya akan aman, berharga, bernilai, dipahami dan kasih. Bahwa pengeloaan pendidikan dari good menjadi great, dari hasil bagus menjadi luar biasa. Serta tiga buah pekerjaan rumah yang wajib di presentasikan saat raker.

 

hans

 








^:^ : IP 54.198.23.251 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2018  http://styosef.pangudiluhur.org/