SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


10.03.2015 14:02:07 723x dibaca.
BERITA
Rekoleksi Guru SMA Katolik Se Kevikepan Surakarta

 

Dengan latar belakang keprihatinan atas kinerja guru Katolik yang bertugas di Sekolah Katolik. Badan Kerjasama Kepala Sekolah SMA /SMK katolik se kevikepan Surakarta, menyelenggarakan rekoleksi sehari guru SMA Katolik pada Sabtu (21/2) di aula SMA Regina Pacis (ursulin) Surakarta.

Seperti dikatakan Ketua Panitia dalam sambutan pembukaan, Narmin S.Pd.  Bahwa guru yang mengajar di sekolah Katolik ternyata tidak ada bedanya dengan yang mengajar di Sekolah Negeri. Maka Rekoleksi yang dihadiri 127 Katolik dari 7 SMA Katolik yaitu SMA Santo Paulus, SMA PL Santo Yosef, SMA Regina Pacis Surakarta, SMA Xaverius Sragen, SMA PL Giriwoyo Wonogiri, SMA Kanisius Yos Sudarso dan SMA Barata karanganyar, diselenggarakan guna menyikapi keprihatinan itu.

Dengan tema  Iman disertai perbuatan kasih semakin hidup, maka sil rekoleksi hdapat menjadi inspirasi bagi peserta didik, rekan guru dan masyarakat.  “ Melalui rekoleksi sehari, guru yang bekerja di SMA Katolik se kevikepan Surakarta diharapkan  memiliki nilai lebih,” ucap Kepala Sekolah SMA Santo Paulus Surakarta ini.

Rekoleksi yang sampaikan oleh Romo Kevikepan Surakarta, Antonius Budi Wihandono Pr., berlangsung tertib dan penuh sersan (serius tapi santai). Diawali dengan saran dari Romo Vikep untuk selalu bersyukur dan diminta  mengucap “ Tuhan sucikanlah mulutku,” setiap bangun tidur.

Lebih lanjut dikatakan bahwa muara Iman adalah keselamatan, sebagai anugerah dari yang diimani.  Maka sebagai guru harus selalu berimajinsai positif, karena iman merupakan harapan guna memperoleh kasih. “kita harus memahami, mengerti dan membentuk perilaku remaja sekarang yang labil sebagai akibat agrefisitas, histeria akut dan matinya kepekaan sosial,” ucap Romo yang  bertugas di Gereja Santa Maria Regina Purbowardayan Surakarta.

Akhir rekoleksi diteguhkan dengan Misa Kudus di Kapel SMA Regina Pacis. Dalam homilinya Romo Budi mengajak guru di SMA Katolik untuk merenungkan berbagai permasalahan di sekitar kita. Baik dari Iman, keharmonisan keluarga, narkoba. “sebagai guru Katolik kita bukan apa adanya dalam bersikap tapi bagaimana seharusnya,” pungkasnya.

 (hans)








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/