SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Sabtu, 29 Pebruari 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


02.09.2013 12:39:45 890x dibaca.
BERITA
Retret 2013

Retret adalah tindakan melihat kembali pengalaman yang lalu, dimana kita menyimpan aneka macam pengalaman hidup. Kegiatan Retret mengajak kita untuk menarik diri dari kehidupan dan mendekatkan diri pada Tuhan.

Setiap tahun, seluruh siswa kelas XII SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta mengikuti kegiatan retret . Sebagai kegiatan pendukung wajib intrakurikuler. Demi mendukung proses pembentukkan karakter sebelum lulus Ujian.

Retret tahun ini berlangsung dari tanggal 26-30 Agustus 2013 yang terbagi dalam dua gelombang. Kelas XII BHS, XII IPA dan XII IPS 2 adalah peserta retret gelombang pertama, sementara XII IS 1,3 dan 4 menjadi gelombang selanjutnya.  Masing-masing peserta retret didampingi oleh guru wali kelas dan guru bimbingan konseling (BK). Kegiatan retret ini berlokasi di Wisma Syalom, Bandungan, Ambarawa Kabupaten Semarang.

Dengan tema “Menggali Kekuatan Diri untuk menjadi Siswa yang Mandiri”, peserta diajarkan untuk membangun naluri bersaing dan berusaha dengan kekuatan diri sendiri untuk menjadi yang terbaik.  “ kegiatan retret sangat menyenangkan. Setiap materi acara  butuh perjuangan, kerjasama, solidaritas  dengan semangat kasih,” Ujar Dona Asih kelas XII IA 2.

Kegiatan retret dibuka dengan ibadat pembuka dan pengarahan awal dari Br. Pardi FIC.  mengenai kegiatan retret yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini. Peserta dibagi kedalam 3 kelas yang berbeda. Pendalaman materi diberikan oleh Br.Kristali FIC. , Br.Pardi FIC,  Sr.Yofani, PI. Dan Sr. Vita. PI.

Selama sesi didalam kelas berlangsung, peserta diajak untuk menyadari banyak hal dalam hidup ini.  Sadar bahwa Tuhan hadir dalam setiap perkara dalam hidup, menyadari orang-orang yang berada di sekitar kita.  “ Menyadari bahwa diri kita memiliki suatu potensi yang besar dalam mencapai suatu tujuan, “ ucap Br. Pardi FIC.

Tak hanya sesi didalam kelas, kegiatan retret juga diselingi dengan outbond. Kegiatan outbond ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam memperkembangkan diri, memperdalam kebersamaan dengan sesama, dan melatih keberanian diri.

Di pagi hari ke 3, peserta retret melakukan field trip yang dipandu oleh Sr. Yofani. PI.  Track (rute jalan) yang digunakan dalam field trip kali ini meliputi jalanan desa, perkebunan, perkampungan, dan hutan bambu. Jalan yang dilalui cukup menantang, tapi pemandangan yang disajikan lebuh menyenangkan. Dalam kegiatan field trip ini, peserta diajak untuk menyadari nikmatnya alam yang diberikan Tuhan secara cuma-cuma.

Seluruh kegiatan retret di tutup degan misa yang dipimpin oleh Rm. Petrus Yuwono MSF.  “Kita diajak untuk mengembangkan dan membangun diri untuk lebih fokus dalam potensi yang dimiliki diri kita. Sadarilah, betapa luar biasanya diri kita,” ucap Romo Alumni SMA Yosef tahun 1997  dalam kotbahnya.

‘’Selama tiga hari ini kami diajarkan untuk lebih menghargai apapun mulai dari menghargai guru, alam, sesama maupun orang tua. Dalam retret ini, kami tidak hanya mendapat pelajaran rohani tetapi juga mempertebal mental lewat kegiatan outbond dan field trip. Nah, selama outbond dan field trip itu rasanya capek sekaligus senang karena kami dapat pengalaman baru, dapat kenalan baru juga, yang paling penting, kegiatan ini sungguh positif bagi diri kita sendiri,’’ cerita Benny dan Petra penuh semangat.

Widyandaru  XII IA 2








^:^ : IP 3.233.221.149 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/