SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


31.08.2014 10:05:57 753x dibaca.
BERITA
Retret Siswa kelas XII

Pada hari Selasa(12/08/14) hingga Sabtu(16/08/14) para siswa kelas XII melaksanakan kegiatan retret. Kegiatan ini diadakan di Rumah Retret Syalom yang terletak di Bandungan, Ambarawa. Pelaksanaan retret ini terbagi atas 2 gelombang. Gelombang pertama (XII IS 2 & 3, XII IA 1, XII BHS) diberangkatkan pada hari Selasa. Kemudian dilanjutkan dengan gelombang kedua (XII IS 1 & 4, XII IA 2) yang diberangkatkan pada hari Kamis.

 Retret merupakan aktivitas wajib bagi para siswa kelas XII. Retret merupakan sarana yang diperlukan agar kita dapat memandang peristiwa-peristiwa hidup dari sudut pandang yang sesuai. Sarana tersebut menjadi peneguhan bagi para siswa kelas XII yang beberapa bulan lagi akan menghadapi Ujian Nasional.

Pelaksanaan retret ini dianggap terlalu dini bagi beberapa siswa, namun menurut Bruder Yohanes kegiatan ini pantas dilakukan dini hari supaya para siswa mendapatkan dasar atau landasan tanggung jawab dalam menjalankan hari-hari esok. Beliau juga berpendapat, bahwa waktu yang dini sangat cocok untuk penyegaran siswa serta tidak terdesak oleh jadwal-jadwal inti sekolah yang lainnya.

Seperti yang dikatakan Bruder Yohanes tentang penyegaran. Seperti itulah kegiatan retret kali ini, tidak muluk dengan berbagai aktivitas rohani yang khusuk di dalam ruangan. Ada aktivitas luar ruangan seperti outbond dan jalan pagi. Aktivita di dalam ruangan pun juga nyaman untuk dinikmati. Kenyamanan tersebut tentunya dibangun dari rasa sadar siswa-siswi Yosef yang sadar akan identitas, tugas dan batas mereka. Ya! Begitulah yang dikatakan Bruder Valen Daru, beliau sukses mengajarkan kita nilai-nilai hidup yang sederhan namun sangat penting untuk disadari.

Banyak siswa yang mengaku puas dengan kegiatan retret kali ini, bahkan banyak siswa yang ingin menambah hari untuk menetap di Wisma Syalom. Berbagai alasan timbul dimulai dari jadwal makan yang sudah pasti, udara yang sejuk dan kegiatan yang mengasyikkan. Itulah alasan yang mungkin sepele, tapi hal tersebut membuahkan kerinduan atas Wisma Syalom. (Sri Hartanti)

 

 

 

                                                                                                              








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/