SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 04 Agustus 2020  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


20.10.2014 20:41:06 653x dibaca.
BERITA
Seminar Nasional Pendidikan YPL

Dalam rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Yayasan Pangudi Luhur (YPL)  ke 60 tahun (Yubelium). Seminar Nasional Pendidikan menjadi agenda pertama yang dilaksanakan di Borobudur Ballroom Hotel Santika Priemere Semarang, Sabtu (20/9/14).

Menghadirkan nara sumber H. Ganjar Pranowo SH (Gubernur Jawa tengah), Prof Darmaningtyas (pengamat pendidikan), Dr. Ir. Nana Storada, SE., MM. (Ketua Yayasan Ma'Arif) dan Dr. Br. G. Bambang Nugroho FIC. (Praktisi Pendidikan). Tema yang diambil dalam Seminar Nasional ini adalah " Sinergi Pemerintah dan masyarakat dalam mencerdaskan bangsa."

 Lebih dari 300an peserta yang hadir baik para birokrat, ketua Yayasan Pendidikan, pengamat pendidikan, aktifis LSM, pendidik dan tenaga kependidikan negeri maupun swasta sangat antusias menyimak diskusi yang dimoderatori Prof. Dr. Ir. Yohanes Budi Widianarko (Rektor Unika Soegijapranata Semarang). Dengan joke-joke yang sontan dan menarik dari moderator, acara seminar semakin semarak.

Namun sayangnya, pembicara yang paling dinantikan, GubernurJawa Tengah tidak bisa hadir dikarenakan bersamaan dengan agenda acara yang tidak bisa ditingggalkan "Rakernas" Partai pemenang pemilu 2014 yang juga berlangsung di Semarang. Sebagai pengganti Drs Dwi Handoyo M.Pd (dari Dinas Pendidikan Kanwil Jawa Tengah).

Dalam sambutan Pembuka, Br. Albertus Suwarto M.Pd. FIC.  mengatakan bahwa seminar dengan diskusi panel ini akan menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Pemerintahan baru. Diharapkan ada solusi yang tepat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. "maka hasil diskusi meruakan rekomendasi  dari Semarang untuk Indonesia,"  ujar Kepala Sekolah SMP Pangudi Luhur Dominico Savio Semarang ini.

Darmaningtyas dalam aparannya mengatakan bahwa karakter sekolah swasta tergantung dari ruh didirikan. Apakah berdasarkan syiar agama atau semangat kebangsaan seperti Taman Siswa yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantoro. Dan pada prinsipnya sekolah swasta yang ada bisa dibagi dalam 3 generasi (sebelum kemerdekaan, pasca kemerdekaan dan pasca reformasi). "sayangnya sekolah swasta generasi ke 3 didirikan sebagai bagian dari proses kaitalisasi bukan karena Corporate Social Responcibility (CSR), merupakan bagian dari usaha bisnis," ujar penulis beberapa buku ini.

Akhir dari Seminar dengan dicapainya beberapa rekomendasi yang akan disampaikan kepada Pemerintahan baru. Seperti dibacakan oleh moderator, salah satu rekomendasi untuk menguatkan kembali subsidi untuk sekolah swasta. (hans)








^:^ : IP 18.204.229.70 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/