SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Sabtu, 29 Pebruari 2020  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


31.08.2013 09:42:41 678x dibaca.
BERITA
Sikrab Joes News

 

            Sekitar 20 orang berkumpul di ruang audio selatan SMA St. Yosef untuk mengikuti acara sikrab (siang keakraban), diadakan hari minggu 18 Agustus 2013. Dalam sikrab kali ini, anak-anak anggota jurnalis Yosef atau lebih akrab diceluk dengan Joes News (JN) mengenakan seragam yang didesain sendiri oleh salah seorang anggotanya (Caterra Yuda). Hal ini menjadiakan tim Joes News terlihat  keren.

            Kesempatan besar bagi mereka untuk menambah pengalaman dalam merintis dunia kejurnalistikan. Dengan pemateri utama  dari redaksi minggu harian  Joglo Semar yaitu Kiki Dian dan Cicilia. Anggota JN menjadi lebih tahu bagaimana menyusun berita dengan benar dan sistematis.

            Sebenarnya penjelasan tim redaksi Joglo Semar sama dengan penjelasan guru Bahasa Indonesia namun, hal menariknya adalah pengalaman mereka yang lebih update dari pada guru Bahasa Indonesia. Mereka juga lebih berpengalaman dalam membuat berita yang di baca oleh publik secara luas.

            Dari hasil pemaparan  tim redaksi Joglo Semar, anak-anak JN  langsung diajak untuk praktek berwawancara dan membuat sebuah berita. Seru, ketika para anggota JN harus menentukan judul yang tepat untuk sebuah berita. Mereka diharuskan melihat ketepatan sudut pandang dan segi menarik dari sebuah judul berita.

            Di sela-sela acara diadakan sharing pengalaman. Salah seorang anggota JN yang telah berkiprah jurnalis di harian Solopos, Anggita Primartiwi bercerita bagaimana suka duka menjadi seorang jurnalis. Dimulai dari keingingan untuk dikenal masyarakat menjadi sebuah jembatan bagi dirinya untuk sukses di bidang kejurnalistikan.

             Suka duka pengalaman tersebut, tidak menutup harapan bagi semua anggota JN  untuk terus berjuang menjadi jurnalis yang sukses. Harapan terbesar kepada Drs FX Triyas selaku pembimbing dengan menjadikan anggota JN sebagai pekerja keras yang menghasilkan tulisan dari karya mereka sendiri.

            Berlanjut, kita semua tahu dalam sebuah berita harus ada pendukungnya. Salah satu pendukung itu adalah foto yang disampaikan oleh Philipus (alumnus JN).  Dalam sesi ini para anggota JN diberi kesempatan untuk mengetahui bagaimana cara mengambil sebuah foto dengan benar dan tepat. “Salah satu kunci dalam mendapatkan foto yang dapat mewakili sebuah berita adalah ketepatan moment” ujar pembimbing ekskul fotografi di SMA Yosef.

Puncak dari acara sikrab tidak afdol jika ditutup tanpa kebersamaan para anggotanya. Maka dari itu, diadakanlah gemes dengan tujuan mempererat tali persahabatan dan kerja sama diantara tim JN.

Sangat melegakan, ketika canda, tawa, kebebasan dan yang pasti keakraban terukir diwajah para anggota JN. Semuanya bersatu dalam balutan air tepung yang ditumpahkan di tubuh mereka saat gemes. Hal ini menjadi tanda tidak adanya perbedaan lagi di antara mereka. Terakhir, pengucapan janji untuk selalu setia dalam menjalankan tugas sebagai jurnalis yosef. Sicrab update untuk anggota JN yang baru dan pengalaman yang berharga bagi mereka. Sukses jurnalis yosef. (Sri. JN)








^:^ : IP 3.233.221.149 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/