SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Rabu, 22 November 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


29.08.2017 14:12:27 63x dibaca.
BERITA
Sosialisasi HIV-AIDS

 

Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas pengendalian Penduduk dan keluarga berencana mengadakan sosialisasi bahaya HIV-AIDS bagi remaja. Sebanyak 60 siswa SMA PL Santo Yosef Surakarta mewakili temannya mengikuti kegiatan ini di ruang audia, Selasa (29/8/17).

Dalam kegiatan ini digandeng Komisi Penangulangan AIDS (KPA) Surakarta yang diwakili oleh Harsoyo Supodo. Serta seorang relawan penderita AIDS-HIV, Sugiyo Prayitno (25 tahun) serta seorang dokter pendamping penderita, yaitu dokter Suwarji.

Dalam kesempatan ini, Om Yos begitu panggilan wakil KPA  mengajak siswa/i untuk peduli bahaya AIDS. Sebuah kegiatan ke 4 (empat) di SMA dengan misi Solo bebas dari penularan  HIV dan AIDS 2010. Dijelaskan Misi KPA untuk meningkatkan derajat masyarakat melalui pengendalian kasus HIV dan AIDS. “  misi yang lain adalah mengurangi stigma dan diskriminasi bagi ODHA dan Popkun,” ucapnya.

Susasana semakin menarik saat testimoni dari penderita AIDS yang diketahuinya sejak saat SMA sebagai akibat perilaku yang kurang baik. Bahwa menjadi penderita memang tidak nyaman dengan sebutan Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA). Namum stigma negatif harus dihilangkan dan mau berbagi seperti kegiatan ini. Bahwa 3 (tiga) hal yang harus dilakukan yaitu jangan aneh-aneh dan bergaulah dengan teman-teman saja. “ terakhir  jauhi seks bebas,” tandas Sugiyo.

Banyak Tanya jawab dilakukan karena keingin tahuan siswa terhadap HIV-AIDS Bahkan dokter suwarji berkali kali menjawab banyak pertanyaan saat menjelaskan bahawa penyakit menular. Dikatakan obat HIV-AIDS harganya mahal dan  tidak bisa menyembuhkan. Fungsinya hanya menghambat tersebarnya pertumbuhan virus. “pengobatanyapun harus tepat waktu supaya pencapaian pengobatan optimal, karena penderita AIDs tidak kelihatan neka-neka secara fisik,” tandas dokter yang bertugas di Puskesmas Manahan Surakarta.

Bagi Febyola, kegiatan sosialisasi ini sangat menarik dan mencerahkan. Karena banyak sekali siswa yang mudah berperilaku menyimpang karena pengaruh globalisasi dan mudahnya akses informasi negatif yang diterima begitu saja. “ kegiatan yang sangat menarik sehingga orang muda harus hati-hati bergaul dan selalu waspada,” pungkas siswi kelas XI IA 1 ini.

 hans








^:^ : IP 54.198.210.67 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/