SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Sabtu, 29 Pebruari 2020  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


08.04.2014 13:24:29 868x dibaca.
BERITA
Studi Tour Bali 2014

Pada tanggal 14-18 Januari 2014 lalu, para siswa kelas XI SMA Pangudi Luhur St. Yosef Surakarta mengadakan study tour ke Bali. Sebanyak 175 siswa diberangkatkan dari Solo ke Bali. Sebelumnya, para siswa dan siswi dibekali pengarahan oleh bapak-ibu guru, Bruder, serta dari biro Stupa Jaya Tour. Bekal tersebut diharapkan dapat memperlancar jalannya study tour.

            Pada pukul 08.00 (14/1), para siswa telah siap diberangkatkan. Perjalanan yang ditempuh bukan main, butuh waktu ±18 jam untuk sampai di pelabuhan Gilimanuk. Setelah itu, perjalanan masih dilanjut selama tiga jam untuk sampai di pusat kota.

            Selesai makan pagi, perjalanan siswa-siswi bercabang menjadi dua bagian. Anak IPS dengan BAHASA menuju BBTP Keramik Bali dan anak IPA menuju ke Pabrik Minyak Oles Bokasi. Sesi ini masih pekat dengan nuansa study (belajar).

            Seluruh siswa kembali dipertemukan di Tanjung Benoa. Disini siswa bisa menikmati watersport yang ditawarkan, mulai dari banana boat, penyu island, parasealing,. Eitts... tetap saja siswa tidak hanya ber-nikmat ria, mereka juga harus mengerjakan LKS yang berhubungan dengan Tanjung Benoa. Di Dreamland, siswa-siswi baru bisa menikmati tour mereka tanpa khawatir tugas LKS. Selanjutnya, perjalanan menuju GWK untuk belajar sejarah pembangunan patung Dewa Wisnu dan tari Ramayana.

            Hari ke-2 di Bali sempat tersendat karena hujan tapi perjalanan tetap lancar. Tujuan awal adalah pabrik tekstil Krisna, disini siswa-siswi diberi pengarahan untuk belajar berwira-usaha dan sekalian membeli buah tangan khas Bali. Kemudian, siswa-siswi diajak untuk belajar sejarah perjuangan rakyat Bali di Bajra Sandhi. Sore hari rombongan Yosef sampai di Pantai Kuta. Sayangnya, pantai Kuta kotor dan cuaca mendung tapi beberapa anak tetap semangat dengan observasi alamiahnya.

            Hari terakhir menapakkan kaki di Bali, packing dan chek out telah beres. Dominan kali ini adalah pura. Tentu saja, tiga objek terakhir yang dikunjungi adalah Tanah Lot, Taman Ayun, dan Bedugul. Semua pura tersebut masih dijaga dengan baik oleh jemari penduduk di sana, pelajaran tersebut dapat membantu siswa Yosef untuk melestarikan budaya.

            Sesuai harapan Bruder, study tour  kali  ini berjalan dengan lancar dan baik. Serta siswa-siswi sampai di Solo dan tentu saja mendapat pengalaman hidup yang berguna untuk mereka.    

            (Hartanti JN)








^:^ : IP 3.233.221.149 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2020  http://styosef.pangudiluhur.org/