SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 12 Desember 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2017 10:37:02 77x dibaca.
BERITA
TIM Sejarah juara 2 se jateng-DIY

Lomba cerdas cermat (LCC) Sejarah tingkat Jateng dan DIY dilksanakan di aula Gedung F FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Sabtu (14/10/17). Dengan diikuti oleh 71 tim yang dibagi dalam beberapa kelompok untuk babak penyisihan. Dan dalam semi final dipilih 10 tim untuk bertarung untuk mendapatkan yang terbaik.

Kegiatan LCC ini sebagai bentuk peningkatan pengetahuan, pemahaman dan nilai nilai sejarah. Pasalnya dewasa ini generasi penerus bangsa telah pudar jiwa nasionalismenya karena mereka mulai melupakan sejarah bangsanya dan terjebak dalam sikap kesukuan,ekstrimisme dan kedaulatan sempit..  Solusi tersebut tentunya harus berupa aebuah solusi yang cerdas, yang unik dan mampu menarik rasa ketertarikan para generasi muda. Sehingga pada akhirnya, proses penumbuhan kembali rasa bangga dan senang terhadap sejarah akan berjalan lancar.

Dalam kaitannnya sebagai sebuah solusi cerdas, unik dan menarik, maka LCC Sejarah tingkas Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta diseelnggarakan Komunitas Remaja Solo Melek Sejarah dengan pembinanya Krsnina Maharani Akbar Tanjung. “Untuk itu sangat diperluakan sebuah solusi untuk kembali menumbuhkan kembali rasa bangga dan senang terhadap sejarah di kalangan generasi muda,” ucap Istri mantan Ketua DPR RI ini.

SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta ikut berpartisipasi dalam LCC Sejarah ini. Seperti diungkapkan oleh Pembina bahwa partisipasi LCC sejarah dengan tujuan untuk menumbuhkan dan memperdalam rasa cinta tanah air serta mempertebal semangat kebangsaan dan kesatuan di kalangan generasi muda. “ Disamping itu juga dengan mengikuti kegiatan lomba seperti ini juga sangat baik untuk melatih siswa dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan mempunyai sikap kritis terhadap suatu perubahan sehingga   tumbuh menjadi generasi muda yang berkarakter, “ ucap Dra Veronika Endang.

Adapun SMA PL Santo Yosefmengirim 2 (dua) tim. Yefta Christophorus Asia Sanjaya     Kelas  XII  IPS 1, Nicolas Yohane Kelas  XII IPS  3      dan Jemima Augusta Munarto                 Kelas  XI   IPS 4, masuk dalam tim 1 (satu) dan  Marcelino  Kelas  XII IPA2,  Bonifacius Septian Kelas  XI  IPS 2 dan Krisna Murti Bambang Tri N Kelas  XI  IPS 3.

Dari perjuangan yang cukup melelahkan, akhirnyatim 1 (satu) SMA PL Santo Yosef berhasil meraih juara kedua diantara tim SMA Negeri 1 Surakarta yang  meraih juara pertama dan ketiga.  Dengan keberhasilan ini sebagai juara kedua maka mendapat tropi, piagam  uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000 ,00 dengan dipotong pajak sebesar 6% akhirnya menjadi Rp 2.350.000,00. Prestasi yang membanggakan dan dapat menjadi pelecut untuk cinta sejarah.

 

(VES-Sejarah) 








^:^ : IP 54.82.112.193 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/