SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 12 Desember 2017  - 2 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.10.2017 15:58:42 37x dibaca.
BERITA
Ziarah dan aksi sosial

Kegiatan wajib kelas X (sepuluh) SMA PL Santo Yosef Surakarta, ziarah dan aksi sosial di candi Ganjuran, Komplek Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus,  Bantul Yogyakarta, Sabtu (14/10/17). Usai misa dan ziarah dilakukan aksi sosial di Panti Asuhan putri Santa Maria, yang dikelola oleh paraq suster Carollus Boromeus (CB).

Misa kudus yang diikuti sebanyak 215 siswa kelas X dan 12 guru pendamping dipimpin oleh Romo Herman Yosef Singgih Sutoro Pr. Sedangkan sebagai petugas lektor, misdinar, persembahan dan paduan suara dari para siswa. Kurang lebih selama satu jam perayaan misa kudus, dilanjutkan ziarah pribadi ke candi Ganjuran sebelum kumpul bersama di aula Panti Asuhan yang terletak di samping Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus.

Dalam kegiatan aksi sosial, diterima oleh Suster Ema Karini CB. Kunjungan ke Panti Asuhan (PA), Panita menyerahkan bantuan uang tunai, sembako, pantaian pantas pakai, alat tulis dan 31 buah lampu LED. Dalam sambutannya,  Amelia Aminingsih sebagai ketua panita dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan agenda wajib. Di tahun 2017 diputuskan ziarah kesini sebagai bentuk aktualisasi pendidikan kasih. “ agar siswa siswi mengerti dan peka masalah sosial yang ada disekitarnya,” ujar guru fisika ini,

Sedangkan mewakili panti asuhan, suster Ema mengucapkan terimakasih dan merasa terhormat atas kedatangan para siswa ini.  Sebuah kepedulian yang layak diapresiasai oleh PA Santa Maria, yang satu-satunya milik suster CB di dunia. Panti ini mengasuh 63 anak dan didampingi 8 Suster dan 16 karyawan. “ anak-anak ini berasal dari Papua, Bali, Atambua, Sumatera, kalimantan, Lampung, Kupang. Kulonprogo dan Yogyakarta,” ucapnya.

Kemudian satu persatu anak PA di absen dan ditanya cita-citanya. Mulai dari yang hendak menjadi suster, perawat, dokter, pengacara, koki, Atlet, TNI, hakim. Mereka semua  sekolah di 9 tempat yang terpencar. Melihat beragamnya  tempat bersekolah, bisa dibayangkan bila mengambil raport. Rutinitas harian anak PA, bangun pagi jam 04.00, dan terjadwal tugas mengepel lantai, memasak, menyapu sebelum ke Gereja pagi. “Dan pada kesempatan ini, mereka bersama akan tampil menyanyikan lagu hari ini dan dengarlah Tuhan serta tari,” tandas Suter Ema.

Dalam kesempatan ini salah satu anak PA, Maria Yulianti Gracia merasa senang berada disini karena banyak temannya. Sudah 2,5 tahun bersama-sama dan saat ini sedang sekolah di SMA Steladuce 2, Yogyakarta. Remaja yang berasal dari Gianyar, Bali  merasa gembira dan senang dikunjungi teman muda dari Solo. “ semoga kepedulian kepada sesama ini, tetap terbangun dan menginsporasi kaum  muda,”ucap  Gracia yang bercita-cita menjadi dokter
hans







^:^ : IP 54.82.112.193 : 2 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/