SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOSEF - Jl. L.U. Adisucipto (Jl. Kelengkeng No. 1) Surakarta  Telp/Fax. 62-271-710795
Selasa, 12 Desember 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
Retret guru karyawan 2012

Retret dua tahunan guru dan karyawan SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta dilaksanakan selasa-kamis (23-26/ 10/12) di Wisma Syalom Bandungan Ambarawa. Retret kali ini diikuti oleh 43 orang dari 53 peserta yang terdaftar. Beberapa orang ijin karena  mempunyai bayi, sedang hamil maupun ada acara yang tidak dapat ditinggalkan.

Retret 2012 dengan mengambil tema “Peziarahan” di bimbing oleh Romo Lorensius Prasetyo Pr. (penulis buku Rohani dan Romo Paroki Kendal). Diawal pertemuan dikatakan bahwa retret kali ini sifatnya santai dengan semangat saling mengerti. “namun ditengah kesantaian diharap ada mutiara yang bisa dibawa pulang,” ucap Romo yang baru saja merayakan 22 tahun imamat.

Retret yang diilhami semangat anak kecil. Dengan membangun kejujuran, bergembira dan semangat persaudaraan. Maka kegiatan yang ada pun bersifat fleksibel termasuk adanya out bound dalam kegiatan retret dengan pendampingan tim dari Syalom dibawah coordinator Brude Blasius FIC.

Dalam kesempatan ini Romo Prasetyo mengatakan bahwa ada dua acara dalam retret, yaitu kegiatan pokok (makan dan snak) dan kegiatan penting (setiam jam 06.00 WIB Misa dan tepat waktu dalam sesi pertemuan).  Oleh karena itu peserta diharapkan dapat membagi waktu secara efektif dan efesien.

Hasil dari peziarahan retret selam 3 hari dua malam membawa hasil yang berarti bagi peserta. Bagaimana dapat merefleksikan menjadi guru dan karyawan itu sebagai panggilan dan perutusan? Serta upaya menemukan musuh guru karyawan berupa rutinitas kerja berupa kebiasaan, resiko perubahan , sejarah yang membelenggu guru dan tuntutan materi. “sebagai refleksi bagaimana kita dapat mengatasi musuh-musuh yang sering muncul, “ ucap Romo Pras.

Setelah out bound, pada hari kedua, guru karyawan diajak memindal keprihatinan dalam komunitas. Harus dipisahkan antara komunitas dan dinas. Disinilah ungkapan pribadi muncul secara jujur dan transparan.

Akhirnya disepakati ada tiga keprihatinan utama meliputi komunikasi, Inkonsisten dalam komitmen dan krisi empati bagi warga komunitas. Harapanya sepulang dari retret segala keprihatinan semakin berkurang  dan semakin diteguhkan dalam kehidupan yang selalu terlibat. (David)






^:^ : IP 54.82.112.193 : 1 ms   
SMA PL ST. YOSEF SURAKARTA
 © 2017  http://styosef.pangudiluhur.org/